Bus Mudik Untuk Jatim

25 April 2018

Dishub Jatim menggandeng Organda dan pemangku kepentingan yang lain  menyiapkan 560 bus untuk kepentingan mudik dan balik gratis. Panitia menyiapkan ratusan ribu seat untuk pemudik gratis ini.

"Bus kami jamin nyaman dan bagus. Selain mudik, kami juga sediakan bus gratis untuk balik mudik dari kampung halaman ke Surabaya kembali," kata Kepala Dishub Jatim, Wahid Wahyudi, Senin (23/4/2018).

Untuk tujuan mudik gratis dari Surabaya, penumpang bisa naik dari Kantor Dishub Jatim Jl A Yani Frontage Road sisi Barat atau tempat yang ditunjuk. Ada 427 bus yang nanti siap mengantarkan ke kampung halaman. 

Hampir semua kabupaten dan kota di Jatim akan menjadi tujuan mudik gratis. Selain itu, Diahub Jatim juga menyediakan 133 bus untuk balik gratis

Saat ini sudah dipastikan bahwa pendaftaran mudik gratis Lebaran nanti mulai dibuka pada 18 Mei 2018. Selain kepastian pembukaan pendaftaran, saat ini juga sudah ada kepastian berangkat mudik gratisdari Kantor Dishub Jatim di Surabaya.

Kabid Angkutan dan Keselamatan Jalan Dishub Jatim, Isa Ansori, menambahkan keberangkatan mudik gratis naik Bus AC dan nyaman pada sekitar H-4. 

"Pelaksanaan mudik gratis dijadwalkan 12 dan 13 Juni 2018. Hari Raya Idul Fitri diperkirakan 15 atau 16 Juni 2018," ucap Isa kepada Surya.

Sesuai jadwal mudik gratis yang telah disusun, pendaftaran dibuka 18 Mei 2018 sampai habis. Ini berlaku untuk moda bus dan Kereta Api serta angkut motor gratis

Selain itu ada pula mudik gratis naik kapal laut ke wilayah kepulauan di Jatim. Pendaftaran khusus kapal dibuka 28 Mei - 23 Juni 2018.

Khusus mudik gratis naik bus akan diberangkatkan dua gelombang, yakni pada Rabu (12/6/2018) dan Kamis (13/6/2018). Akan ada ratusan bus yang dikerahkan gratis mengangkut pemudik hingga ke semua kota di seluruh Jatim.

Isa menyebutkan bahwa akan ada puluhan ribu pemudik yang akan memanfaatkan mudik gratis itu. Untuk moda bus akan bertolak dari Kantor Dishub Jatim JL A Yani Surabaya.

Warga Jatim yang saat ini bekerja atau merantau di Kota Surabaya bisa menikmati layanan mudik gratis. Pelaksananya adalah Dishub Jatim menggandeng semua stake holder dan Organda Jatim. 

Tidak hanya moda bus, KA dan kapal juga berlaku mudik gratis. Bahkan mudik gratis juga berlaku untuk angkut motor mudik gratis ke kota tujuan.

"Seluruh kota dan Kepulauan di Jatim," urai Isa.

Total ada 20 kota tujuan mudik gratis, di antaranya Ngawi, Magetan, Madiun, Ponorogo, Treanggalek, Pacitan, Kediri, Blitar, Pare, dan lainnya. 



Sumber : www.surabaya.tribunnews.com