Internet di Bali Mati Total

19 March 2018

Layanan internet di Bali saat Nyepi dipastikan mati. Hal ini diputuskan melalui usulan dari Majelis-majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali yang menyerukan agar Hari Raya Nyepi tahun ini tidak melakukan aktivitas di internet.

Lalu bagaimana dengan layanan anjungan tunai mandiri (ATM) di Bali saat Nyepi?

SEVP Teknologi Informasi BNI Dadang Setiabudi mengatakan bahwa jaringan ATM BNI di Bali beroperasi normal melayani nasabah. Pasalnya, jaringan ATM BNI tidak menggunakan sambungan internet.

"Untuk jaringan ATM BNI berbeda, tidak menggunakan jalur internet. Namun menggunakan jalur leased line, sehingga ATM BNI tetap hidup," ujar Dadang, Sabtu (17/3/2018).

Ia menambahkan, ketentuan berjalannya layanan ATM di Bali tidak serta-merta berkaitan dengan jaringan internet yang mati. Ada beberapa ATM di tempat tertentu yang bisa melayani transaksi nasabah BNI.

"Sabtu ATM dimatikan bertahap, namun ada yang hidup sesuai permintaan misalnya di hotel tertentu. Pada Minggu pagi akan mulai on kembali bertahap," tutur Dadang.

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, seluruh ATM BCA di Bali dihentikan layanannya sementara saat Nyepi. ATM BCA di Bali akan kembali melayani nasabah pada Minggu pagi pukul 08.00 WITA.

"Akan dinyalakan lagi pada hari Minggu jam 08.00 pagi secara bertahap," kata Jahja.

Direktur Digital dan Teknologi Bank Mandiri Rico Usthavia Frans menambahkan, ada beberapa ATM Bank Mandiri yang tidak beroperasi karena menggunakan sambungan broadband.

"Kalau pakai satelit ya nggak terdampak, tapi kalau pakai broadband bisa kena juga," tutur Rico.

 

Sumber : detik.com