TUNJUNGAN BERUBAH SEPERTI NEW YORK

13 March 2018

Upaya untuk menjadikan kawasan Jalan Tunjungan sebagai kawasan heritage didukung penuh oleh DPRD Surabaya. Konsep dibenahi dan akan membuat kawasan Tunjungan menjadi lebih kuno tetapi akan gemerlap dan membuat jujukan banyak masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Surabaya Darmawan mengatakan, konsep untuk menjadikan kawasan Tunjungan lebih menarik memang harus dilakukan. Melalui kawasan heritage yang akan dikemas oleh Pemkot Surabaya, maka kawasan itu akan lebih berkembang. 

“Kami dukung karena seperti di luar negeri banyak kawasan yang bisa dijadikan patokan untuk pengembangan Tunjungan,” ujarnya. 

Politisi Gerindra ini mengungkapkan, konsep kawasan Tunjungan juga bisa seperti di New York, Amerika Serikat. Di kawasan bernama Time Square, konsep Tunjungan bisa seperti kawasan itu. Dengan tambahan ornamen dan videotron maka kawasan Tunjungan akan lebih megah. 

“Meski dikemas sebagai heritage bersejarah tetapi konsepnya bisa lebih modern,” terangnya. 

Menurutnya, jika nantinya konsep heritage ditata dengan baik maka Tunjungan akan jadi ikon utama Surabaya. Tidak hanya sebagai salah satu kawasan bersejarah, tetapi jalan itu bisa jadi tempat refreshing dan wisata baru.

“Kita dukung penuh karena Surabaya memiliki anggaran serta fasilitas yang bisa membuat Tunjungan lebih menarik,” jelasnya. 

Dia mengungkapkan, sebagai kawasan yang fenomenal pemkot harus memanfaatkan Jalan Tunjungan sebagai kawasan yang lebih menarik. Harapannya, jalan satu arah itu bisa bermanfaat untuk semua masyarakat khususnya warga Surabaya. 

“Eman-eman jika tidak dimanfaatkan dengan baik,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan, konsep heritage memang akan dikemas di kawasan Tunjungan. Tidak hanya di Tunjungan tetapi nantinya pemkot akan menggabungkan kawasan lain sebagai tujuan alternative untuk kawasan heritage. 

“Tunjungan memang jadi sasaran kita untuk pengembangan,” jelasnya. 

Menurutnya, pelebaran pedestrian yang sudah dilakukan merupakan konsep awal bagi pengembangan kawasan Tunjungan. Karena itu secara bertahap pemkot akan merealisasikan untuk perbaikan infrastruktur di kawasan tersebut. “Termasuk pasar Tunjungan yang nanti diperbaiki,” pungkasnya. 

 

Sumber : jawapos.com