SYNDROME CLINOMANIA

17 January 2018

Apakah Anda sering melakukan kegiatan di tempat tidur seperti makan, mengerjakan tugas, bermain game, membaca, menonton televisi, dan lain sebagainya? Apakah Anda sering merasa begitu nyaman berada di tempat tidur sehingga tidak ingin pergi kemana pun?

Atau Anda memiliki obsesi pada tempat tidur? Kalau iya, mungkin anda mengalami ClinomaniaClinomania terdiri dari dua kata yaitu clin dan mania. Clin sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti "tempat tidur" dan mania berarti "kecanduan" atau "terobsesi".

Jadi, clinomania adalah terobsesi pada tempat tidur yaitu ingin selalu berada di atas kasur atau ranjang. Obsesi pada tempat tidur tidak berarti seseorang selalu tidur, namun ia selalu ingin berada di tempat tidur walaupun sambil melakukan pekerjaan. 

 

Ada beberapa hal yang dapat dilihat apakah Anda mengalami clinomania, yaitu: 

1. Anda hanya ingin menghabiskan waktu di tempat tidur apalagi setelah seharian melakukan kegiatan yang melelahkan. 

2. Anda merasa sangat nyaman dan bahagia ketika berada di tempat tidur.

3. Anda sering mengatakan “tidur” sebagai hobi dan teman-teman Anda tahu serta sering membahas Anda dan tempat tidur Anda.

4. Anda sering sulit meninggalkan tempat tidur bahkan membuat alasan untuk tidak pergi melakukan kegiatan agar tetap bisa berada di tempat tidur.

 

Orang-orang yang mengalami clinomania ini sebenarnya sedang mengalami masalah psikologis, sehingga dianjurkan untuk segera pergi ke psikolog untuk berkonsultasi. Obsesi pada tempat tidur menimbulkan rasa malas atau perasaan mengantuk terus-menerus yang mengakibatkan seseorang tidak ingin pergi melakukan kegiatan atau bekerja.

Kurangnya motivasi untuk melakukan sesuatu karena sedang depresi menjadi faktor terjadinya clinomania. Sebuah penelitian menyatakan seseorang yang mengalami clinomania tidak selalu menjadi depresi, namun jika sedang depresi maka seseorang akan cenderung mengalami clinomania.

 

Sumber : www.intisari.grid.id