Bukan Paris Hilton Pencipta Selfie

08 January 2018

Beberapa bulan lalu, tepatnya pada 20 November 2017, Paris Hilton, aktris dan penyanyi asal Amerika Serikat, mengklaim bahwa dirinya adalah pencipta swafoto alias selfie. "11 tahun yang lalu, saya dan Britney Spears menciptakan yang namanya selfie!" tulisnya, dengan sangat percaya diri.

Entah itu bercanda atau nggak, namun reaksi dan respon netizen sangat tidak setuju dengannya. Kemudian, warganet pun mengunggah foto-foto aktris terdahulu yang sedang melakukan selfie.

Namun pertanyaan besarnya adalah, siapa, sih, yang menciptakan selfie dan melakukan selfie untuk pertama kalinya?

Menurut Public Domain Review, dalam sebuah artikel berjudul The First "Selfie" Ever (https://publicdomainreview.org/collections/robert-cornelius-self-portrait-the-first-ever-selfie-1839/), dijelaskan kalau orang yang menciptakan selfie adalah Robert Cornelius pada tahun 1839!

Sebelum HAI menjelaskan siapa itu Robert Cornelius, ada baiknya kita mengerti dulu apa itu selfie. Jadi, selfie atau swafoto itu adalah mengambil foto diri sendiri lewat kamera yang dijepret oleh dirinya sendiri juga. Istilahnya, kamu ambil foto kamu oleh kamu. Gitu, deh.

Nah, Robert melakukannya pada tahun 1839, disaat sang pencinta fotografi menaruh salah satu kamera pertama di dunia di sebuah toko di Philadelphia, Amerika Serikat.

Caranya nggak sesederhana sekarang. Jadi, ia harus mencari tempat untuk menaruh kamera itu, karena saat itu belum ada timer yang bisa secara otomatis melakukan pemotretan sendiri.

Setelah ia menaruh kamera itu, ia melepas tutup lensa dari kamera tersebut dan berlari ke tempat ia akan berpose.

Abrakadabra! Inilah foto selfie pertama di dunia yang diambil pada tahun 1839:

undefined

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : http://hai.grid.id/Feature/Stuffs/Bukan-Paris-Hilton-Ini-Dia-Orang-Yang-Pertama-Kali-Menciptakan-Selfie-Di-Dunia