Tip Perawatan Kulit Untuk Para Pecinta Hiking

15 August 2014

Olahraga di luar ruangan seperti hiking mungkin bagus untuk tubuh, tapi belum tentu bagus bagi kulitmu. Tapi hal ini jangan membuat niat Anda surut untuk mencoba olahraga ini. Jika Anda ingin menjaga kulit agar tetap bersinar meskipun masalah kulit bermunculan, perhatikanlah tip perawatan kulit terbaik untuk hiking berikut ini.

Mulai dari pemakaian sunscreen dan makeup hingga melakukan perawatan kulit setelah lama berolahraga hiking, berikut beberapa cara terbaik agar Anda bisa menikmati olahraga dan pemandangan indah tanpa mencemaskan kulit Anda.

Wajib Pakai Sunscreen 

Mengandalkan makeup dengan SPF untuk menyediakan perlindungan memadai terhadap sinar UV adalah sebuah kesalahan, apalagi ketika Anda sedang hiking di tempat yang sangat tinggi, di mana matahari cenderung lebih dekat. Jenis olahraga ini cenderung meningkatkan risiko terkena sunburn. Salah satu tip terbaik merawat kulit untuk yang hobi hiking adalah lindungi kulit dengan sunscreen, juga perhatikanlah area yang sering Anda lewati ketika memakai krim sunscreen. Mungkin wajah Anda lebih penting diperhatikan, namun perhatikan pula bagian kaki dan kulit bagian belakang telinga. Untuk area kulit yang sulit dijangkau tangan saat mengoleskan tabir surya, Anda bisa menggunakan tabir surya yang berbentuk spray.

Hindari Kosmetik Beraroma (Free-Fragrance)

Parfum dengan aroma buah-buahan atau aroma lainnya dapat menarik perhatian serangga, jadi jangan coba-coba memakai parfum di tubuh secara berlebihan.

Gunakan Waterproof Makeup

Siap berkeringat atau tidak, Anda akan tetap berkeringat saat hiking, jadi pilihlah makeup yang waterproof. Walaupun sebetulnya makeup tidak wajib. Jika kamu memang perlu menggunakan makeup, maka pilihlah produk waterproof. Sedikit polesan mascara sudah cukup dan tidak wajib pakai eyeliner. Lebih baik pilih gaya makeup yang natural.

Jaga Kulit Agar Tetap Terhidrasi

Air mineral dibutuhkan agar kulit tetap terhidrasi selama perjalanan hiking yang cukup jauh, agar tetap terhidrasi tidak sekedar minum air ber-ion saja untuk kesehatan tubuh. Cara terbaik agar terhindar dehidrasi adalah makanlah buah dan sayur-sayuran yang kaya akan kandungan air, apapun dari buah apel hingga wortel. Pilih juga snack yang sehat.

Perawatan Kulit Setelah Hiking

Membersihkan wajah secara keseluruhan dan eksfoliasi bisa diterapkan sehabis menikmati perjalanan panjang saat hiking, dimana akan mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyimpan partikel kotoran kecil di kulit. Gunakan moisturizer setelah eksfoliasi kulit, atau lakukan facial untuk hasil yang lebih baik. Jika kulit Anda mengalami sunburn, gunakan masker dengan kandungan yang mampu menenangkan kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari seperti masker teh hijau.

Well, nampaknya Anda tidak boleh ketinggalan dengan tip tersebut, karena sangat membantu Anda agar kulit tetap sehat dan terlindungi dari berbagai masalah kulit saat dalam perjalanan hiking yang cukup lama. So, keep yourself covered and healthy!