Download Data di Instagram

26 April 2018

Sekitar dua pekan lalu, Instagram menjanjikan bakal merilis tool “Data Download”, yang memungkinkan pengguna mengunduh semua konten yang pernah mereka bagi ke platform berbagi foto tersebut. Kini fitur itu sudah bisa diakses via web. Pengguna bisa mengunduh dan mengekspor foto, video, Stories yang diarsipkan, profil, info, komentar, direct message, likes, serta nama followers dan following. “Tool Data Download tersedia untuk semua orang via web, tetapi akses via iOS dan Android masih diproses,” kata juru bicara Instagram. Waktu pengunduhan sendiri bisa berjam-jam hingga berhari-hari, tergantung banyaknya foto dan video yang hendak disimpan. Lantas, bagaimana cara memanfaatkan Data Download? Pertama, buka situs Instagram di peramban, lantas log in ke akun Instagram Anda dan buka profil. Selanjutnya, pilih ikon gear untuk mengakses beberapa opsi penyetelan. Tekan “Privacy and Security”, gulir ke bawah hingga menemukan “Data Download” dan klik “Request Donwload”. 

Anda bakal diminta memasukkan e-mail untuk dikirimkan tautan pengunduhan konten Instagram. Untuk menghimpun data Anda dan mengirimkan tautannya, Instagram butuh waktu maksimal 48 jam pasca permintaan pengguna, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (25/4/2018), dari deskripsi tool tersebut. Tool seperti ini membuat pengguna lebih paham, seberapa banyak data yang mereka serahkan ke layanan media sosial. Apalagi, baru-baru ini terungkap insiden pencurian 87 juta data pengguna Facebook global yang menghebohkan netizen.

Selain itu, aturan baru dari Uni Eropa yang dinamakan “General Data Protection Regulation” (GDPR) mewajibkan jejaring sosial semacam Facebook dan Instagram memiliki alat data portabel semacam itu. Facebook sendiri sudah memiliki tool serupa sejak 2010 lalu. Bisa dibilang langkah Instagram saat ini untuk memenuhi aturan GDPR tersebut.

Sumber : www.tekno.kompas.com