Kejuaraan Batal Karena Hiu

19 April 2018

Turnamen selancar internasional Margaret River Pro yang dihelat di Australia telah berlangsung sejak 11 April 2018 lalu. Kejuaraan tersebut merupakan bagian dari Tur Liga Selancar Dunia. Australia sendiri memang dikenal memiliki pantai dengan ombak menantang bagi para atlet selancar dunia. Itu mengapa, ajang tersebut pun akhirnya digelar di Perth, Australia. Namun sayangnya, turnamen tersebut terpaksa mengalami penundaan akibat dari adanya salah satu atlet yang mengalami cedera disebabkan binatang buas dari area laut.

Rupanya penundaan turnamen tersebut disebabkan oleh kehadiran hiu dari laut lepas. Kehadiran hiu tersebut memang sangat membahayakan jika turnamen tetap dilangsungkan.  Dilansir Kompas.com, pergerakan hiu tersebut rupanya berasal dari serombongan ikan paus yang bergerak ke arah sekitar pantai. Hal itu bisa jadi menarik perhatian para hiu untuk mendekat ke arah panti. "Hari ini, WSL (Liga selancar dunia) terpaksa mengambil keputusan yang sulit untuk membatalkan kelanjutan Margaret River Pro, sebagai akibat dari adanya serangan hiu kepada para peserta lomba," kata ketua WSL, Sophie Goldschmidt dalam pernyataan tertulis.

Dalam turnamen tersebut, dua atlet selancar mengalami luka pada kaki mereka yang disebabkan karena gigitan dari hiu di dekat Gracettow, 260 km dari Perth.  Korban pertama adalah seorang peselancar lokal, kemudian disusul oleh atlet asal Denmark yang mengalami luka serupa, tepat di lokasi yang sama juga. 

Goldschmidt sendiri mengungkapkan bahwa ada pihak yang menilai serangan hiu itu jadi bagian dari tantangan turnamen. Namun ada juga yang beranggapan hal ini luar biasa dan berbahaya.  Wakil Goldschmidt, Italo Ferriera dari Brasil juga mengaku ketakutan saat ada di dalam air. Lewat akun Instagram-nya, ia mengungkapkan bahwa dirinya sempat merasa tidak nyaman saat berlatih dan berlomba di area lokasi serangan hiu tersebut.


Sumber : www.indosport.com