Jaket Denim Jokowi

12 April 2018

Belum lama ini, Presiden kita Joko Widodo melakukan touring ke Sukabumi, Jawa Barat. Dalam melakukan touring itu, Jokowi terlihat mengenakan jaket denim khas yang ternyata di-custom khusus. Hal ini mencuri perhatian tersendiri oleh banyak orang.

Jaket denim yang dikenakan Jokowi tersebut berwarna biru muda dengan adanya hiasan bertema kebudayaan tanah air. Seniman di balik jaket denim custom itu ialah Abenk. 

"Sejak bertemu di Senayan City, Presiden sudah menanyakan harganya, dan setuju dengan harga Rp4.000.000,00," kata Abenk kepada Kompas.com

Abenk yang punya nama asli Bernhard Suraningrat nggak sendiran bro dalam mengerjakan jaket denim orang nomor satu di Indonesia saat ini itu. Ia bersama timnya, Nevertoolavish mengungkapkan nih awal mula Jokowi tertarik dengan jaket denim custom. Katanya sih bermula dari kunjungan Jokowi ke Jakarta Sneakers Day beberapa waktu lalu.

Dalam acaranya tersebut, ternyata selain mampir ke lapak sneakers, Jokowi juga mampir ke lapak @nevertoolavish yang memang memamerkan berbagai jaket dan sneakers custom. Dari sini akhirnya Jokowi pilih jaket denim yang bikin penampilannya makin sporty saat touring.

Nevertoolavish sendiri sebernarnya membuat dua desain untuk Jokowi. Desain pertama berkonsep potret Jokowi dengan cat fluerescent layaknya kekhasan karya Abenk. Lalu, desain kedua budaya Indonesia.

Pengerjaan jaket denim untuk Jokowi menurut Abenk butuh waktu seminggu. Pada bagian punggungnya berlatar merah putih ada tulisan Indonesia dan gambar budaya-budaya Indonesia yang dilukis dengan tangan. Nggak cuma itu, ada juga lukisan penari Bali, topeng Bali, wayang, wajah orang Papua, budaya lompat baru, batik, dan kebudayaan Indonesia lainnya. Di bagian dada juga ada loh gambar kepulauan Indonesia berbalut merah dan putih.

Nggak mudah loh bikin jaket denim tersebut. Hal itu menurut Abenk karena banyak detil-detil yang butuh ketelitian dalam pengerjaannya. Namun, memang usaha nggak pernah mengkhianati hasil bro. Jaket denim custom dari Abenk dan timnya disenangi Jokowi.

 

Sumber : hai.grid.id