Yonder Music Dihapus

28 March 2018

Selain Spotify atau Apple Music, penikmat musik di Indonesia juga bisa menikmati layanan streaming dari Yonder Music. Yonder Music adalan layanan asal Amerika Serikat yang telah beroperasi sejak 2013 dan memasuki pasar Asia Tenggara di 2016 dengan Malaysia sebagai negara pertama yang dituju, sebelum akhirnya tiba di Indonesia.

Jika Spotify melakukan bundling dengan Indosat Ooredoo, maka Yonder Music melakukan kerja sama bersam operator seluler XL Axiata dan juga perusahaan label rekaman Universal Music. Sayangnya, berbeda dengan para “pesaingnya” usia Yonder Music di Indonesia tidak begitu panjang. Hanya dalam sekitar dua tahun setelah diluncurkan, kini Yonder Music telah menghentikan operasionalnya di Indonesia.

Yonder Music menghentikan layanan mereka kepada para pendengar musik di Indonesia mulai Jumat, 23 Maret lalu, melalui notifikasi yang diberikan kepada para pengguna. Layanan streaming ini menyebutkan jika layanan mereka ditangguhkan untuk waktu yang belum ditentukan. Adapun penyebabnya adalah karena tidak diperpanjangnya kontrak kerja sama antara Yonder Music baik dengan XL maupun pihak Universal Music, sebagaimana yang diungkap oleh Jake Denney, Vice President dan Country Manager Yonder di Asia Tenggara.

Dengan pemberhentian layanan ini, maka pengguna Yonder Music sudah tidak bisa membuka aplikasi untuk layanan streaming musik gratis tersebut. Bahkan aplikasinya sudah tidak lagi bisa ditemui di layanan aplikasi baik untuk iOS maupun Android. Meski begitu, Jake menyebutkan akan mengupayakan kembalinya Yonder Music dengan mencari pihak yang bisa diajak bekerja sama dalam menghadirkan layanan streaming ini kembali di Indonesia. Sayangnya, belum ada kepastian kapan rencana tersebut akan terealisasi.

 

Sumber : creativedisc.com