3 Filter Baru VSCO

26 March 2018

VSCO bisa dibilang sebagai aplikasi edit foto terpopuler. Dan kini, VSCO baru saja meluncurkan daftar filter teranyar khusus terinspirasi dari film garapan sutradara kondang Wes Anderson.

Yang belum familiar, Wes Anderson adalah produser, sutradara, penulis, dan aktor yang terkenal dengan narasi dan visual yang unik di setiap filmnya.

“The Grand Budapest Hotel” adalah salah satu film produksi Wes Anderson yang terkenal dan sukses meraih Golden Globe Awards.

Sesuai dengan perspektif dan estetika Anderson yang tidak biasa di film stop-motion terbarunya, Isle of Dogs, VSCO mengadopsinya menjadi filter.

Nuansa warna pilihan Anderson di adegan filmnya itu menjadi inspirasi dari tiga pilihan filter VSCO. Sedikit info, Isle of Dogs sedang berkeliling banyak festival film dan jadi bahan omongan di mana-mana.

Filter pertama adalah “Dog 1” yang menonjolkan warna netral dan melembutkan warna yang terlalu vibrant seperti yang terlihat di Trash Island.

Lalu ada “Dog 2” dengan nuansa warna kuning di adegan telepon pertukaran pelajar oleh Tracy Walker. Sementara “Dog 3” meng-highlight warna pink-ungu seperti di adegan laboratorium Megasaki City.

Sayangnya, filter ini hanya tersedia untuk waktu yang terbatas. Jadi, sebaiknya lekas mengeksplorasi foto-foto dengan filter “Isle of Dogs” sebelum dicabut. Kalau kamu fans Wes Anderson, filter ini layak coba!

Untuk diketahui, beragam filter menarik ini dapat juga diakses melalui komputer desktop. VSCO sempat mengumumkan filter yang ada dalam aplikasi mobile-nya sudah tersedia untuk aplikasi Lightroom dan Photoshop.

Dikutip dari Digital Trends, Rabu (14/6/2017), ada sekitar 58 filter yang dapat digunakan untuk pengguna aplikasi olah gambar tersebut. Menurut VSCO, filter yang tersedia cocok dipakai dalam beragam gaya.

Tak hanya filter, tools olah gambar VSCO juga dapat diakses melalui kedua software tersebut. Paket olah gambar ini akan kompatibel dengan Lightroom CC versi 4,5, dan 6 termasuk Adobe Camera Raw yang tersedia di Photoshop CS6 dan CC.

Seluruh paket olah gambar ini dapat digunakan dengan merogoh kocek US$ 59 atau sekitar Rp 771 ribu. VSCO menuturkan, keputusan menghadirkan paket olah foto ini karena cukup banyak permintaan dari pengguna.

Sebagai informasi, fitur anyar lain yang baru hadir di VSCO adalah pembuat gambar GIF untuk iPhone. Lewat pembaruan, pengguna kini bisa menangkap gambar GIF dari kamera.

Fitur tersebut sebelumnya sudah lebih dulu rilis via DSCO, aplikasi terpisah miliki VSCO. Namun untuk memudahkan pengguna, kini fitur tersebut tak lagi digunakan melalui aplikasi terpisah.

VSCO juga menawarkan fitur baru untuk mengirim pesan singkat yang serupa dengan Direct Messages pada Instagram.

Fitur bernama "Messages" ini merupakan salah satu upaya VSCO untuk mendorong para pengguna saling berinteraksi di dalam layanannya.

Dilansir The Verge, Kamis (21/12/2017), VSCO menggambarkan Message sebagai sebuah tempat untuk dialog kreatif antara dua orang. Messages adalah salah satu fitur yang paling banyak diminta oleh para pengguna VSCO.

"Messages adalah cara baru untuk terhubung, berbagi inspirasi dan belajar dari para kreator lain di dalam komunitas VSCO. Para pengguna bisa saling berbagi tips dan trik pengeditan, berbagai profil dan konten menarik, serta menerima masukan kreatif," tulis tim VSCO dalam penjelasannya.

Fitur baru ini berfungsi seperti layanan pesan lainnya, tapi secara khusus mirip dengan Direct Message pada Instagram.

Para pengguna VSCO bisa forward (meneruskan) gambar yang mereka lihat di feed dengan meng-klik ikon panah, sama seperti pada Instagram.

Pengguna VSCO juga bisa saling berkirim pesan pribadi. Namun, pengguna sepertinya tidak bisa membuat grup pesan seperti pada Instagram karena VSCO tidak menyebut soal fungsi semacam itu di dalam pernyataan resminya.

Fitur Messages dirilis pertama kali untuk para pelanggan berbayar VSCO X, dan kini para pengguna lainnya sudah bisa menikmati fitur tersebut.

 

Sumber : liputan6.com