GOOGLE BIKIN CONSOLE GAME

09 February 2018

Google kabarnya bakal ikut terjun ke Industri permainan atau gim. Ini ditandai dengan munculnya konsol gim baru buatan Google dengan alias " Project Yeti".

Belum banyak informasi mengenai konsol buatan Google yang satu ini. Namun berdasarkan sejumlah sumber, "Project Yeti" bukan sekadar konsol gim.

Lewat konsol ini, Google akan menyiapkan layanan streaming  gim yang mirip dengan Amazon Twitch dan Nvdia GeForce Now. Kabarnya, layanan tersebut juga bisa digunakan pada perangkat streamingChromecast.

Dengan layanan ini, pengguna "Project Yeti" bisa bermain gim sembari melakukan streaming tanpa harus mengunduh atau membeli kaset gim yang dimainkan. Namun, layanan ini hanya bisa dinikmati dengan cara berlangganan.

Belum ada informasi kapan perangkat ini bakal rilis di pasaran. Yang jelas, kemunculan "Project Yeti" menandakan bahwa Google siap bertarung dengan sejumlah pemain lama yang sudah punya nama di industri ini seperti Sony dan Microsoft.

Baik Sony maupun Microsoft saat ini tercatat sebagai penguasa pasar gim video. Dengan menunggangi PlayStation dan Xbox, keduanya bersaing sengit.

Di belakangnya, ada Nintendo yang saat ini sedang naik daun berkat populernya konsol Nintendo Switch di kalangan gamer.

Jika "Project Yeti" bisa membawa Google sukses pada industri gim, bisa dipastikan raksasa teknologi yang bermarkas di Mountain View ini bisa menghasilkan pendapatan cukup besar. 

Dikutip Kompas.com dari The Information, Kamis (8/2/2018), pasar gim video sendiri bernilai 109 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.557 triliun.

 

Sumber: kompas.com