SUNGAI RUSIA BERUBAH MERAH DARAH

05 February 2018

Sungai di Rusia ini menyita perhatian traveler. Itu karena warna air sungai ini berubah menjadi merah darah. Kok bisa ya?

Sungai Molchanka di Kota Tyumen, 3 jam penerbangan dari Moskow, Rusia ini semula seperti layaknya sungai-sungai biasa. Airnya jernih. Sampai pada satu hari, warga menemukan air sungai ini berubah warna jadi merah darah.

Berubahnya warna sungai ini langsung bikin heboh warga Kota Tyumen. Bahkan jadi pemberitaan media besar di Rusia. Ada yang menyebut, fenomena alam ini berhubungan dengan kisah-kisah kejadian di Alkitab.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Jumat (2/2/2018), rupanya ada penjelasan ilmiah yang masuk akal terkait berubahnya warna Sungai Molchanka. Warga menduga, sungai ini tercemar limbah.

Warga lokal yang tinggal di sekitar Kota Novotarmansky dan Molchanova, tempat ruas sungai merah ini berada, menduga ada beberapa orang yang sengaja membuang limbah pabrik ke dalam sungai, sehingga membuat air sungai berubah warna jadi merah darah.

"Ini bisa jadi sangat serius. Sungai Molchanka berubah merah atau merah-oranye sekitar seminggu yang lalu. Warna aneh ini terlihat paling nyata di antara Novotarmansky dan Molchanova," ujar Maria Parashchenko, salah satu warga Novotarmansky seperti ditulis The Siberian Times.

Warga menyebut ini baru pertama kalinya Sungai Molchanka berubah warna jadi merah. Sementara itu, Departemen Sumber Daya Air dan Ekologi Tyumen menyebut sedang meneliti sampel air dari sungai ini.

"Kami masih meneliti sumber pencemaran di sungai ini. Sampel air sudah diambil dari seluruh area yang terkontaminasi. Kami sekarang bekerja untuk menyelesaikan masalah ini," ujar Alexander Rain, Kepala Departemen Sumber Daya Air dan Ekologi Tyumen seperti ditulis media Tumix.

 

Sumber: detik.com