NAMA DESA TERPANJANG DI DUNIA

04 February 2018

Di Wales, Britania Raya, ada desa yang namanya terpanjang sedunia. Llanfairpwllgwyngyll... dan masih panjang lagi namanya!

Terletak di Pulau Anglesey atau sebelah barat laut Wales, Britania Raya ada desa yang punya nama terpanjang di dunia ini sampai masuk Guinness World Record. Namun, bukan berarti tempat ini tidak punya makna.

Dilansir detikTravel dari berbagai sumber, Jumat (2/1/2017) nama desanya Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch. Arti namanya adalah 'Gereja Santa Maria di lembah pohon hazel putih dekat pusaran air deras dan gereja Santo Tysilio dari gua merah'. Traveler yang mau mencoba membaca, ejaanya adalah: "Llan-vire-pooll-guin-gill-go-ger-u-queern-drob-ooll-llandus-ilio-gogo-goch".

Nama singkat dari desa ini adalah Llanfairpwllgwyngyll. Kalau masih susah mengeja, sebutlah dengan nama Desa Llanfair PG yang merupakan nama asli desa tersebut.

Dulunya, nama tempat ini dicetuskan oleh seorang penjahit yang ada di tempat tersebut pada tahun 1860-an. Ia kemudian ingin membuat desa itu terkenal dengan membuat nama yang unik.

Saking panjang dan uniknya, turis yang berkunjung ke daerah Wales selalu singgah ke desa ini. Di sini, banyak atraksi yang bisa traveler kunjungi. Seperti taman cantik dengan gedung indah Plas Newydd, main wall climbing di Indy Climbing Wall, atau ke stasiun kereta ikonik Llanfairpwll Railway Station.

Kalau traveler mau coba ke desa unik ini, bisa menjangkau dari ibukota Inggris, London. Jika ingin mencoba road trip, bisa mencapai dengan durasi waktu 5 jam 30 menit, dengan kereta 3-4 jam dan penerbangan pesawat selama 1 jam. Harga tiket pesawatnya mulai dari Rp 1-3 juta, tergantung maskapai yang dipilih.

 

Sumber: detik.com