DESA KHUSUS WANITA

02 February 2018

Mesir identik dengan Kairo dan Piramida. Namun tidak hanya itu, di sana juga ada desa khusus wanita dan terlarang bagi kaum pria. 

Adalah Al Samaha, desa di Mesir yang hanya dihuni oleh kaum hawa. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (31/1/2018), desa itu berlokasi di Kota Edfu yang berjarak sekitar 120 Km dari Aswan.

Seperti diberitakan oleh media Al Arabiya, desa itu dihuni oleh sekitar 303 wanita single. Oleh Pemerintah setempat, desa itu memang dikhususkan bagi para janda dan wanita yang telah bercerai.

"Proyek di desa itu dimulai dari tahun 1998, ketika Menteri Agrikultur memutuskan untuk mengalokasikan dua desa baru untuk wanita yang telah bercerai dan janda saja," ujar supervisor Desa Al Samaha, Hamdi Al-Kashef.

Hamdi pun menjelaskan, para wanita hanya tinggal dengan anak-anak mereka saja tanpa kehadiran laki-laki. Setiap keluarga pun diberikan sebuah rumah beserta perabot dan lahan untuk bercocok tanam.

Namun lain halnya apabila seorang wanita di desa itu menikah. Ketika seorang wanita di desa itu menikah, mereka harus menyerahkan tanah dan desa yang disiapkan oleh Pemerintah. Aturannya memang begitu tegas.

Secara tujuan, desa tersebut memang disiapkan untuk membantu masa depan dari wanita sekaligus ibu yang kehilangan anggota keluarga karena satu dan lain hal seperti diberitakan Saudi Gazette.

 

 

Sumber: detik.com