RUANG PELAMPIASAN

13 January 2018

Kerap kali kita menahan rasa marah dan stres. Pengalaman berulang itu lama-kelamaan membuat rasa marah kita memuncak. Oleh karenanya, menjadi hal yang lazim ketika marah kita cenderung ingin merusak sesuatu. Tentunya, perasaan itu kerap bertentangan dengan keinginan kita. Sehingga, biasanya kita berusaha menyembunyikan rasa marah tersbut. Namun, sekarang kita tak perlu lagi khawatir. Di dalam ruangan ini kita bisa merusak barang sepuasnya untuk melampiaskan rasa marah, tanpa ada konsekuensi yang ditimbulkan.

Rage room, anger room, break room atau hal sejenisnya merupakan tempat populer untuk melampiaskan rasa marah dengan tepat. Ruangan aman ini biasanya disediakan di beberapa negara, agar orang-orang dapat menyalurkan rasa marah mereka tanpa harus malu dan bersembunyi. Pihak penyewa akan meminjamkan kita pakaian pelindung dari atas kepala hingga ujung kaki. Hal ini bertujuan agar barang yang kita hancurkan tidak melukai diri kita. Selain itu, mereka juga meminjamkan tongkat baseball sebagai alat pemukul benda.

"Hari ini aku datang karena baru diputuskan pacarku. Ketika mencoba pengalaman ini aku langsung mendapatkan perasaan adrenalin dan setelahnya perasaanku jauh menjadi lebih baik," ujar salah satu pengunjung ruang marah atau anger room. Dalam ruangan ini, kita bisa bebas menghancurkan barang-barang kantor dan rumah. Mereka yang datang ke anger room, biasanya karena perasaan kecewa akibat percintaan, politik, sampai dengan pekerjaan.

Adanya ruangan ini ternyata menghadirkan sejumlah poin penting yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. "Kamu bisa datang ke sini dan mengeluarkan semua emosimu. Malahan dengan hadirnya ruangan ini kita dapat menghentikan tindak kekerasan di luar sana," ujar Zaac Spencer (26), pemilik rage room di Nottingham, Inggris, melansir Attn:, Rabu (15/1/2017)

Selain itu, ruangan ini juga dikenal sebagai salah satu cara inovatif untuk menghilangkan stres. Walaupun demikian, kamu harus merogoh uang yang tidak sedikit untuk masuk ke ruangan ini. Namun, sejumlah dokter justru mengusulkan alternatif lain daripada cara ini. Langkah mudah menghilangkan stress dan marah bisa didapatkan melalui hal sederhana tanpa harus mengeluarkan uang.

"Mengendalikan rasa marahmu bisa dengan cara menghirup napas panjang, menurunkan segala ekspetasimu, dan tetap berusaha bersikap tenang," ujar Dr. Amit Sood, Professor Medis dari Mayo Clinic.

 

Sumber : www.citizen6.liputan6.com