COCO PEMENANG GOLDEN GLOBES 2018

12 January 2018

Film animasi garapan Pixar dan Disney, Coco memenangkan kategori Film Terbaik - Animasi dalam ajang Golden Globe Awards 2018 yang berlangsung di Beverly Hilton, Minggu (7/1) malam waktu Los Angeles. Sinema buatan Lee Unkrich ini berhasil mengalahkan karya animasi gemilang lainnya, di antaranya The Boss Baby, The Breadwinner, Ferdinand, dan Loving Vincent.

“Terima kasih kepada kru Coco yang telah bekerja bertahun-tahun untuk cerita yang sangat luar biasa dan unik ini, soal orang-orang Meksiko dan kebudayaannya. Muchas gracias!” ujar Unkrich dalam pidato kemenangannya. Coco mengisahkan petualangan bocah 12 tahun, Miguel Rivera yang secara tak sengaja berpindah ke dunia arwah di momen Hari Orang Mati di Meksiko dan menemukan identitas leluhurnya.

Miguel dalam kisah Coco selalu berkeinginan menjadi musisi dan menggunakan gitar tradisional Meskiko. Film Coco menuai kesuksesan baik dari penilaian kritikus maupun komersil. Film yang menuai banyak pujian ini pun mendapatkan pendapatan lebih dari US$500 juta dari seluruh dunia, menurut data Box Office Mojo. Coco pun tecatat sebagai film dengan pendapatan tertinggi dalam sejarah perfilman Meksiko. Film ini pun membuat popularitas Desa Paracho yang merupakan sentra produksi gitar tradisional Meksiko.

Desa berpenduduk 30 ribu jiwa tersebut telah menjadikan produksi gitar sebagai mata pencaharian utama sejak berabad-abad lalu. Sejauh ini, Golden Globe Awards 2018 telah memberikan piala globe emas kepada sejumlah serial, film, maupun sineas. Serial The Handmaid’s Tale meraih piala Serial Televisi Terbaik - Drama. This Is Me (The Greatest Showman) meraih piala kategori Lagu Orisinal Terbaik untuk Film, mengalahkan Home (Ferdinand), Mighty River (Mudbound), Remember Me (Coco), dan The Star(The Star).

The Disaster Artist, film soal kisah hidup sineas Hollywood Tommy Wiseau mengantar aktor James Franco meraih piala Golden Globes di kategori Penampilan Aktor Terbaik dalam Film - Musikal atau Komedi. Aktris Laura Dern mendapatkan piala Golden Globes di kategori Penampilan Aktris Pendukung Terbaik dalam Serial Televisi Terbatas atau Film Televisi atas lakonnya di serial hit Big Little Lies. 

 

Sumber : www.cnnindonesia.com