SATU NOMOR BANYAK MANFAAT

11 January 2018

Kota Surabaya adalah Kota terbesar ke – 2 setelah Jakarta. Dengan luas sebesar lebih dari 600 km-persegi tentunya bukanlah hal yang mudah untuk mengaturnya. Meskipun saat ini , Kota Surabaya sudah lebih teratur dalam pembangunan infrastrukturnya, namun yang namanya bencana ,kadangkala masih sering saja terjadi. Untuk menangkal dan mengatasi bahaya dari bencana yang kemungkinan terjadi, maka Pemerintah Kota Surabaya telah meluncurkan suatu inovasi daerah yang bernama Call Center 112 Surabaya.

Call Center 112 Surabaya  ini adalah nomor telepon terpadu yang bisa di gunakan warga Kota Surabaya untuk melaporkan terjadinya bencana. Seperti saat musim kemarau seperti ini, dengan suhu udara berkisar 30 hingga 40 derajat celcius, tentunya bahaya kebakaran akan menjadi momok bagi semua orang. Berdasarkan laporan yang ada, pada bulan kemarin telah terjadi sedikitnya 5 laporan kebakaran. Bahkan sebelumnya juga terjadi kebakaran hebat yang menghabiskan satu kampung padat penduduk, yaitu kampung Srengganan. Meskipun tidak terjadi korban jiwa, namun bencana kebakaran ini telah menghabiskan rumah dan harta – benda para korban. Dengan adanya Call Center 112 Surabaya ini, di harapkan warga dapat melaporkan kejadian kebakaran dengan cepat. Sehingga pasukan Pemadam Kebakaran juga bisa tiba di lokasi dengan cepat.

 

Sebelum adanya Call Center 112 Surabaya , warga Kota Surabaya harus menghapalkan banyak nomor telephon. Misalnya untuk nomor telephon kantor pemadam kebakaran saja, ada beberapa nomor telephon, karena kantor pemadam kebakaran ini terbagi dalam beberapa area. Belum lagi nomor telephon lainnya seperti nomor telephon Kepolisian, nomor telephon Rumah Sakit dan mobil Ambulan , serta nomor telephon lainnya. “Kalau ada bencana kebakaran, terus warga masih bingung cari nomor telephon yang bisa di hubungi, keburu habis rumahnya” jelas Walikota Surabaya Tri Rismaharini. “Dengan menekan Call Center 112 Surabaya, maka warga Kota Surabaya sudah tidak perlu bingung – bingung lagi untuk menghapalkan banyak nomor telephon ” pungkasnya.

Pusat Call Center 112 Surabaya ini berada di Command Center yang terletak di Gedung Siola lantai 2. Di dalam ruangan ini telah terdapat puluhan CCTV yang bisa meng – cover semua kondisi Kota Surabaya. Command Call Center 112 Surabaya ini aktif selama 24 non – stop dan tidak mengenal libur. Pada intinya Call Center 112 ini akan menerima semua telephon yang masuk dan akan mendistribusikan kepada tim SKPD yang terkait terkait mulai Linmas, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pertamanan & Dinas Kebersihan, Dinas Pematusan & PU dan Dinas Kebakaran dan pihak terkait lainnya. Dengan demikian Call Center 112 ini menjadi badan koordinator bagi dinas – dinas yang mempunyai fungsi untuk menanggulangi bencana.

Call Center 112 Surabaya bisa menerima semua keluhan dan bencana yang ada, mulai dari skala besar hingga terkecil sekalipun sekalipun. Masyarakat Surabaya bisa melaporkan segala macam bentuk kedaruratan. Mulai dari kemacetan, jalan rusak, genangan banjir, kecelakaan, kebakaran, tindak kejahatan, pencurian, hingga listrik mati. Call Center 112 Surabaya bisa di hubungi dengan biaya GRATIS alias Bebas Pulsa. Dengan biaya yang gratis ini, di harapkan masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas Call Center 112 ini dengan bijak. Pemerintah Kota Surabaya berharap semua pengaduan yang masuk sifatnya penting atau urgent. Hal ini di karenakan sambungan telephon yang ada di Command Center ini masih terbatas. 

 

Sumber : www.kabarsurabaya.org