Kalau Tak Ingin Gemuk, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Tidur

25 October 2016

Ada banyak hal yang bisa bikin berat badanmu bertambah. Ada yang hanya sekadar mitos, ada juga yang punya penjelasan ilmiah. Sebagian orang percaya, tidur usai makan akan membuat perut buncit. Ternyata, bukan hanya ini saja yang bikin kamu tambah gemuk, tapi juga ada beberapa hal lain yang jadi penyebabnya. 

Women's Health menulis, tidak makan malam bukan solusi yang paling baik untuk menurunkan berat badan. Dan, sayangnya, banyak orang yang justru melakukan beberapa aktivitas sebelum tidur yang meningkatkan berat badan dengan cepat. Supaya berat badan tak terus bertambah, simak bahasan di bawah ini. 

1. Bukannya tak boleh makan malam. Tapi, kamu mungkin harus memikirkan, makanan apa yang bisa kamu makan pada malam hari, sebelum kamu tidur. Pastikan, kalau kamu makan agak banyak pada malam hari, berolahragalah pada keesokan paginya, agar berat badanmu tak bertambah. 

2. Jangan pernah makan makanan ringan sambil nonton TV. Karena, kamu akan fokus pada acara TV dan lupa, sudah berapa banyak kamu makan. Kamu bahkan akan cenderung menambahkan jumlah makanan kecil tersebut kalau terasa kurang. 

3. Hindari minum minuman beralkohol sebelum tidur. Semua minuman beralkohol itu mengakibatkan jam tidurmu terganggu. Kamu kemungkinan akan terbangun pada tengah malam dan sulit untuk tidur kembali. Pada saat inilah, kamu juga cenderung untuk 'memimpikan' makanan-makanan enak yang tidak sehat. 

4. Selain alkohol, barang elektronik termasuk TV, tablet, juga ponsel pintarmu juga bisa mengganggu kualitas tidurmu. Cahaya yanbg bersinar dari barang elektronik tersebut membuat tidurmu tam berkualitas. Lantas, hal yang sama akan terjadi seperti nomor di atas. 

5. Sengaja tidur lebih lama sehingga tak harus sarapan juga tak baik. Karena, sarapan yang penuh dengan protein akan membuatmu makan lebih sedikit pada saat jam makan siang. Tapi, kalau kamu tak sarapan, kamu akan makan dengan sangat banyak pada jam makan siang atau malam. Hati-hati juga asam lambung yang bisa juga mengganggu aktivitasmu seharian. 

 

Karla Farhana

http://www.bintang.com/sex-health/read/2617564/kalau-tak-ingin-gemuk-jangan-lakukan-5-hal-ini-sebelum-tidur